Mengapa Perlindungan Asset Berharga Itu Diperlukan?

Mengapa Perlindungan Asset Berharga Itu Diperlukan?

Aset, apa pun bentuk dan jenisnya, tak akan pernah bisa lepas dari kehidupan manusia. Hidup itu perlu aset. Ketika mengajukan perlindungan asset pada perusahaan asuransi, sama halnya Anda sedang memelihara diri sendiri. Memang tujuan perlindungan bukan untuk saat ini, tapi demi masa depan Anda selaku pemilik aset. Lebih jauh lagi, inilah manfaatnya.

Mengapa Perlindungan Asset Berharga Itu Diperlukan?

Bagi pemegang polis asuransi kendaraan bermotor, manfaatnya terasa betul. Terutama ketika menggunakan motor untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan adanya asuransi, efek tabrakan, benturan, sampai terperosok pun sudah ada yang menanggung. Misalkan saat itu Anda tidak punya uang, masih bisa klaim asuransi untuk perbaikan atau ganti total.Mengapa Perlindungan Asset Berharga Itu Diperlukan?

Menanggung Kerusakan pada Kendaraan Bermotor Anda

Selain itu, para pemilik kendaraan bermotor acapkali merasa waswas saat meninggalkannya di luar ruangan. Khawatir dibobol pencuri dan sebagainya. Meskipun kendaraan tersebut dicuri, tetap bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Begitu pula ketika suatu hari terlibat dalam tragedi kebakaran, bisa ditanggung dengan cara klaim asuransi Anda.

Pengaturan Keuangan Pribadi Menjadi Lebih Mudah

Di mana pun berada, sifat asuransi itu sama, yakni untuk melindungi aset dari kebutuhan yang tak disangka-sangka. Misalnya kecelakaan, kebakaran, sakit keras, dan masih banyak lagi. Berhubung datangnya tidak diduga-duga, maka sulit diprediksi. Ketika Anda rajin mencatat pengeluaran serta pemasukan per bulan, ada ketimpangan di sana.

Maka dari itu, gunakan asuransi untuk memudahkan pencatatan pengeluaran bulanan. Sebab, risiko terhadap kebutuhan yang tidak disangka-sangka itu sudah terkover oleh asuransi. Sebagai gantinya, Anda hanya perlu bayar preminya secara rutin. Kesannya jadi lebih “pasti”, bukan? Jadi, nilai premi bisa Anda masukkan ke daftar pengeluaran bulanan.

Baca Juga Artikel Terkait Berikut Ini :   7 Cara Mendapatkan Mobil Murah Tanpa Harus Negosiasi

Bisa Meminimalisir Kerugian

Perlindungan asset lewat asuransi memiliki kemampuan khusus untuk meminimalisir atau mengurangi nilai kerugian yang Anda derita. Ini penting. Sebab, tidak semua orang akan membantu Anda secara finansial ketika mengalami musibah. Mau minta uang ke orang tua, tidak enak. Maka, tak ada jalan lain selain mempersiapkan segala sesuatunya secara mandiri.

Mengapa asuransi bisa meminimalisir kerugian yang Anda derita? Coba kita ilustrasikan biar lebih mudah. Katakanlah gaji per bulan Anda 3 bulan dengan kemampuan menabung sebesar 200 ribu Rupiah lewat asuransi. Beberapa tahun kemudian, Anda mengalami kecelakaan hebat dan memerlukan biaya besar untuk perawatan.

Pihak keluarga angkat tangan karena biaya yang diperlukan tak bisa mereka tanggung. Dengan tabungan Anda via asuransi, kebutuhan biaya pengobatan di rumah sakit jadi lebih ringan. Berbeda ketika hanya menabung dalam bentuk uang di bank. Sebab asuransi bersifat melindungi. Sedangkan uang bersifat netral dan hanya digunakan untuk transaksi. Tak ada misi khusus seperti asuransi.

Bisa Mencegah Terjadinya Stres

Berapa banyak orang yang stres gara-gara memikirkan kebutuhan hidup? Tak terhitung. Bisa jadi Anda pernah mengalami hal ini. Begitu pula dengan tetangga dan orang-orang yang tampak bahagia di layar televisi itu. Kata para pebisnis, “Kekurangan uang adalah sumber atau akar dari setiap kejahatan”. Bentuk kejahatan seringkali berkaitan dengan gengsi dan perut.

Ketika stres bertandang, bukan hanya pikiran yang menjadi kacau, tetapi kondisi tubuh juga akan merespons hal yang sama. Soalnya antara pikiran, hati, dan fisik memiliki hubungan yang erat atau tak terpisahkan. Salah satu mengalami rasa sakit, maka lainnya ikut merasakan. Kehadiran asuransi benar-benar bisa mencegah terjadinya stres.

Baca Juga Artikel Terkait Berikut Ini :   Kredit Motor Second Murah di Bogor

Sampai kapan pun, perlindungan asset itu selalu penting dan relevan. Istilahnya tak lekang oleh waktu. Terutama di zaman yang disruptif seperti sekarang karena munculnya teknologi terbarukan. Kebutuhan yang tak disangka-sangka selalu bisa bertandang kapan saja. Masalah utamanya, saat kebutuhan tersebut datang, Anda siap atau tidak.

Recommended For You

About the Author: jasmine26