Inilah Perbedaan Kartu Kredit dan Debit Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pernah tidak anda merasa bingung dengan kartu kredit dan debit? Sekilas kedua kartu ini memiliki kemiripan mulai dari fisik, sama-sama memiliki nomor kartu 16 digit, PIN dan tanggal kedaluwarsa. Namun, kedua kartu ini sangatlah berbeda, apa saja perbedaan kartu kredit dan debit ? Mari kita ulas secara tuntas dalam artikel ini.

Ya, dari beberapa poin diatas kedua kartu ini memang memiliki kimiripan. Akan tetapi, cara pemakaiannya jelas berbeda misalnya saja dari proses pembuatan, segi mekanisme kerja, kemamananya hingga manfaatnya.

Oleh karena itu, jangan sampai salah menggunakan ya. Pahami beberapa perbedaannya agar anda tidak salah kaprah niat hati untuk melakukan transaksi menggunakan kredit malah menggunakan debit bisa-bisa kartu tidak hanya rusak melainkan juga di blokir.

Perbedaan Kartu Kredit dan Debit

Dizaman sekarang ini banyak orang-orang lebih memilih menggunakan kartu untuk melakukan transaksi karena dianggap lebih mudah dan juga simple. Namun, sebelum menggunakan kedua kartu tersebut ketahui terlebih dahulu perbedaan diantaranya keduanya pada ulasan dibawah ini.

  1. Kartu Kredit

Kartu kredit adalah sebuah kartu yang berisi sejumlah uang dengan jumlah tertentu, dimana uang ini dari sebuah perusahaan yang menerbitkan kartu tersebut yang bisa anda gunakan untuk melakukan berbagai transaksi. Ini juga diartikan uang yang ada pada kartu tersebut adalah hutang anda kepada Bank.

Loading...

Namun, saat ini seiring banyaknya penyelewengan yang dilakukan oleh para nasabah. Untuk anda yang ingin mendaftar kartu kredit persyaratan lebih diperketat. Hal ini karena pihak penerbit kartu kredit ingin benar-benar menyeleksi siapa saja nasabah yang bisa mendaftar.

Baca Juga Artikel Terkait Berikut Ini :   Cetak Emoney Custom Terbaik Masa Kini

Jika anda sudah memutuskan untuk mendaftar kartu kredit, ada hal lain yang harus anda perhatikan jika sudah melakukan transaksi menggunakan kartu tersebut salah satunya adalah mengenai pembayaran hutangnya, fasilitas cicilan memang disediakan oleh setiap pihak penerbit kartu kredit.

Akan tetapi, hal ini tidaklah effektif untuk anda lakukan. Mengapa? Dengan malukaan pembayaran minimun akan membuat anda semakin dibebankan karena bunga yang melilit. Oleh karena itu, setelah melakukan transaksi menggunakan kartu kredit tersebut usahakan untuk menggantinya segera agar bunga tidak semakin besar.

  1. Kartu Debit

Untuk kartu debit juga memberikan kenyamanan pada setiap nasabahnya namun dengan cara yang berbeda. Cara penggunaan kartu debit adalah dengan menarik uang langsung dari rekening anda pada saat melakukan transaksi. Kartu debit ini akan menahan sejumlah nominal sesuai dengan jumlah transaksi.

Lalu, pihak penjual akan mengirimkan transaksi kepada pihak bank dan uang tersebut akan ditransfer ke si penjual. Pada waktu itu, untuk melakukan transaksi menggunakan kartu debit memerlukan beberapa hari hingga selesai.

Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi pihak penerbit dituntut untuk memberikan kepuasan salah satunya adalah melakukan transaksi dengan cepat hanya dalam beberapa menit saja. Berbeda dengan waktu itu, kini akses kartu debit lebih luas serta mudah sehingga ini akan lebih mempermudah para nasabahnya untuk melakukan transaksi diberbagai tempat.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit & Kartu Debit

Setelah mengetahui beberapa perbedaan diatas, mana yang lebih cocok untuk anda pilih sebagai memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kedua kartu tersebut sama – sama diterbitkan oleh pihak Bank, namun dengan persyaratan dan ketentuan yang berbeda.

Hal yang paling mendasar diantara kedua kartu tersebut dalam sisi mekanisme

Dengan kartu kredit anda tidak diperlukan untuk memiliki buku tabungan dari bank penerbit kartu tersebut. Selain itu, anda juga dapat melakukan transaksi kapan saja meskipun tidak memiliki buku tabungan.

Baca Juga Artikel Terkait Berikut Ini :   Custom E-Money Murah Jakarta Rekomendasi Terbaik dan Termurah

Kartu kredit ini akan memberikan limit kepada setiap nasabahnya dalam melakukan transaksi, dimana kartu ini dapat digunakan secara bebas sebagai kartu hutang. Pada setiap tahunnya jangan kaget, anda akan dikirimkan sejumlah tagihan baik itu tagihan secara penuh atau cicilan.

Jika anda melakukan pembayaran dengan cara mencicil, maka anda akan dikenakan bunga pada tagihan berikutnya. Dan banyaknya tagihan sesuai dengan ketentuan masing-masing bank penerbit kartu tersebut.

Selain itu, jika anda memerlukan sejumlah uang tunai, anda juga bisa menariknya langsung melalui ATM namun menarik akan dikenakan biaya yang cukup tinggi. Tidak hanya itu pada setiap tahunnya anda akan dikenakan biaya iuran.

Sedangkan untuk kartu debit diperlukan membuka buku tabungan. Berbeda dengan kartu kredit yang mengharuskan membayar iuran setiap tahunnya, pada kartu debit ini tidak diharuskan karena saat melakukan transaksi akan dipotong dari saldo pemilik kartu besaran potongan tergantung banyaknya dan jumlah transaksi yang anda lakukan.

Jika anda memerlukan uang secara tunai, anda bisa melakukan penarikan melalui ATM bank penerbit dan tidak dikenakan biaya tambahan. Lantas bagaimana jika ingin melakukan transaksi online menggunakan kartu debit?

Ada beberapa kartu kredit yang masih sangat terbatas cara penggunaannya. Oleh sebab itu anda harus memastikan apakah merchant online tersebut dapat menerima pembayaran menggunakan kartu debit atau tidak.\

Loading...

Recommended For You

About the Author: jasmine26