Punya Batik Kesayangan, Inilah Cara Mencuci Batik Yang Benar

Cara Mencuci Batik Yang Benar

Batik merupakan kain dengan pola yang khas milik Indonesia yang sudah di akui oleh badan warisan budaya dunia. Namun, apakah Anda saat ini memiliki batik kesayangan? Inilah cara mencuci batik yang benar yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Kami yakin bahwa saat ini Anda memiliki banyak batik di lemari Anda, minimal setidaknya Anda memiliki satu batik yang paling Anda sayangi. Karena batik sudah ditetapkan warisan asli milik Indonesia, sehingga banyak pemerintah daerah menetapkan penggunaan batik di semua instansi pemerintah untuk menggunakan batik di hari-hari tertentu.

Pernahkah Anda bingung bagaimana cara merawat batik yang Anda miliki? Termasuk saya, awalnya kenapa batik yang saya miliki cepat lapuk dan cepat memudar, ternyata batik memiliki cara khusus untuk merawatnya termasuk cara mencuci batik juga ada tahapan-tahapan yang harus diperhatikan.

Dalam mencuci batik yang benar, harus diketahui jenis detergen yang akan kita gunakan. Menurut beberapa literature, cara mencuci batik yang benar itu harus menggunakan detergen cair yang tidak mudah merusak kain atau serat batik yang digunakan.

Proses Mencuci Batik Yang Benar

Batik harus dicuci dengan baik dan benar jika ingin batik Anda tetap awet dan tidak mudah luntur. Dilansir dari situs Cleanipedia cara mencuci batik dapat dilakukan dengan cara berikut :

Loading...

Mencuci Batik Baru Pertama Kali

Untuk mencuci batik yang baru Anda beli ini harus dilakukan dengan cara hati-hati, karena batik seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sangat rentan dan mudah rusak. Perlakuannya adalah batik mula-mula di rendam dengan air dingin atau Anda bisa juga menggunakan air dengan hangat kuku, detergen yang digunakan adalah detergen cair seperti Molto Silky Fine Wash dengan lama 15-30 menit. Selain itu, jangan sekali-kali untuk mencuci batik dengan menggunakan mesin cuci karena akan merusak kain. Kuceklah kain batik menggunakan tangan dengan cara lembut dan perlahan, sehingga batik akan tetap awet dan warna batik akan terjaga. Ketika sudah selesai, batik tidak boleh dijemur dibawah terik matahari, jemurlah batik di dalam rumah tanpa terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga Artikel Terkait Berikut Ini :   5 Kelebihan Produk Buatan Love Beauty and Planet

Mencuci Batik Tulis dan Batik Cap

Batik tulis memerlukan perlakukan khusus dan istimewa, kenapa demikian? Selain harganya yang cukup tinggi, batik tulis harus dicuci dengan sangat hati-hati, karena zat pewarna yang digunakan dapat saja luntur dan bahan batik akan rusak jika tidak diperlakukan dengan baik.

Seperti halnya batik yang baru pertama kali Anda beli, kurang lebih untuk cara yang benar dalam mencuci batik ini adalah dengan cara mengucek saja. Betul sekali, Kami menganjurkan Anda mencuci batik ini hanya dengan mengucek saja, tidak dengan menggunakan mesin cuci. Namun, bagaimana jika Anda harus menggunakan mesin cuci karena waktu yang Anda gunakan juga untuk kegiatan lainnya?

Kami anjurkan kembali, untuk menjaga kain batik tidak rusak, dan ketika Anda harus terpaksa menggunakan mesin cuci, gunakanla kecepatan rendah dengan pengaturan handwash pada mesin cuci Anda karena dengan pengaturan ini batik Anda akan aman dan awet. Jika sudah selesai memutar, segeralah untuk mengangkat kain batik Anda agar bahan batik tidak mudah rusak dikemudian hari.

Bagi Anda mungkin ini terlalu ribet, namun hal ini harus Anda tempuh jika batik kesayangan Anda tetap baik dan bagus. Ajarkanlah kepada orang yang akan mencuci batik Anda bagaimana cara mencuci batik yang benar ini, supaya mereka juga dapat menerapkan perlakuan yang sama terhadap batik kesayangan Anda.

Demikian tadi admin share Cara Mencuci Batik Yang Benar semoga informasi ini bermanfaat buat Anda semuanya. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke media sosial anda baik itu facebook ataupun twitter agar lebih banyak yang merasakan manfaat dari informasi ini. Terimakasih

Loading...

Recommended For You

About the Author: jasmine26