6 Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan

6 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan – Bermacam-macam riset sudah memberikan fakta manfaat puasa jika dilihat dari kesehatan medis masa kini. Pada penelitian diungkapkan bahwa tidak ada effek yang dapat merugikan pada puasa ramadhan yang berhubungan dengan jantung, paru-paru, kemudian hati, ginjal,dan lain sebagainya.

Manfaat puasa bagi kesehatan tidak disangka-sangka bahwa memang betul adanya jika berpuasa akan menyehatkan. Para ilmuwanpun dibuat berdecak kagum dengan manfaat puasa ini. Puasa bulan ramadhan merupakan bulan penuh hikmah yang banyak ditunggu oleh seluruh umat Islam.

6 Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan

Terdapat beberapa keistimewaan pada bulan puasa ini dan juga keistimewaan yang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan bulan lainnya. Dengan melakukan puasa maka terdapat manfaat yang baik yaitu secara biopsikososial yang merupakan kesehatan jasmani, kesehatan rohani dan juga kesosialan. Rahasia kesehatan dalam berpuasa sangat menarik perhatian para peneliti sehingga hal ini dijadikan penelitian. Dan lagi-lagi para ilmuwan dibuat kagum oleh manfaat puasa ini.

Baca Juga : 9 MANFAAT PUASA UNTUK KESEHATAN 

Berikut 10 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

  1. Puasa Tidak Pengaruhi Diabetes Tipe 2

Pada beberapa riset disebutkan, ketika puasa tidak akan mempengaruhi pada sel darah manusia dan juga tidak akan adanya perbedaan pada banyaknya retikulosit, volume sel darah merah dan juga jumlah rata-rata hemoglobin kalau kita bandingkan pada orang yang tidak melaksanakan puasa.

  1. Pengaruh Puasa Buat Ibu Hamil dan Menyusui

Penelitian hubungan antara puasa dan manfaatnya pada ibu hamil, puasa buat ibu menyusui dan juga beberapa kelompok yang tidak mengalami hamil, didapatkan penelitian kalau tidak adanya perbedaan pada glukosa serum, kemudian asam lemak bebas, trigliserol, insulin dll. Jadi aman ya buat ibu hamil yang ingin melaksanakan ibadah puasa.

  1. Pengaruh Puasa Pada Janin dan Ibu Hamil

Penelitian yang dilakukanole Departemen Obstetri dan Ginekolog yang berasal dari Gaziantep University Hospital dan responden 36 wanita sehat yang sedang mengalami kehamilan dan tanpa adanya komplikasi yang beruntun selama lebih dari 20 minggu. Ibu hamil tersebut melaksanakan puasa ramadhan , dan ternyata setelah dilakukan usg tidak adanya perbandingan hasil yang signifikan.

  1. Manfaat Puasa Menurunkan Berat Badan dan Glukosa

Pada studi kohort yang dilakukan kepada kurang lebih 81 mahasiswa Universitas Teheran of Medical Science ketika sedang melakukan puasa. Penelitian tersebut meneliti mengenai antara hubungan puasa dengan evaluasi berat badan, glukosa, indeks massa tubuh, kadar trigliserida atau TG, kolesterol, LDL, HDL, dan VLDL . Semuanya dibandingkan antara ketika berpuasa dan tidak puasa.

Baca Juga Artikel Terkait Berikut Ini :   Manfaat Sehat Sahur Dengan Kurma

Ternyata hasil penelitian menunjukkan kalau saat puasa ramadhan bisa sebabkan turunnya glukosa dan juga berat badan. Walaupun adanya proses penurunan  yang cukup signifikan didalam frekuensi makan, tetapi peningkatan yang cukup signifikan didalam LDL dan juga penurunan HDL tercatat didalam bulan ramadhan.

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan terutama pada lipid di dalam darah bisa saja ada hubungannya dengan proses pola makan gizi ataupun pada proses respon kelaparan biokimia.

  1. Puasa Bermanfaat Bagi Kelenjar Gondok

Saat sedang berpuasa, kondisi kelenjar gondok ternyata tidak mengalami perubahan fungsi. Dari hasil riset menunjukkan kalau tidak ada bedanya kadar pada plasma tiroksin. bebas tiroksin, tironin triyodium, dan juga hormon yang merangsang gondok atau TSH di tubuh pasien yang sedang melakukan puasa.

  1. Puasa Manfaatnya Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Ketika berpuasa terjadi peningkatan limfosit 10 kali lipat. Namun sel darah putih tetap jumlahnya. Dari hasil riset terbaru mengatakan saat puasa terjadi proses penurunan kadar apo-betta dan menaikkan apo-alfa 1. Dan hal ini akan menjadikan tubuh anda akan jauh dari terkena serangan penyakit jantung dan juga pembuluh darah.

Bermacam-macam penelitian ilmiah dan juga penelitian medis membuktikan bahwa puasa dan manfaatnya bagi kesehatan¬†sangat terbukti bagus untuk kesehatan manusia itu sendiri. Pantas saja Allah SWT mewajibkan bagi setiap Muslim untuk berpuasa ramadhan selama sebulan penuh. Allah sangat baik kepada umatnya, Allah tidak ingin umat manusia mengalami penyakit. Namun kadangkala manusianya itu sendiri yang berpikir negatif menyalahkan Tuhan dan menganggap bahwa kewajiban berpuasa merupakan sesuatu yang menyiksa karena harus menahan rasa lapar dan dahaga. Ternyata dibalik itu semua, manfaat puasa bagi kesehatan benar adanya. Nah bagi anda yang Muslim, yuk berpuasa agar tubuh sehat dan kuat. Terimakasih dan jangan lupa share informasi ini ya… salam sehat Indonesia.

Baca Juga Artikel Terkait Berikut Ini :   Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba

Recommended For You

About the Author: jasmine26